Sidebeep Tips

Tips Menghemat Baterai Smartphone Dalam Perjalanan Mudik

Tips Menghemat Baterai Smartphone Dalam Perjalanan Mudik

Jangan sampe bete di jalan cuma gara-gara baterai smartphone boros, ikutin nih tips menghemat baterai smartphone dalam perjalanan mudik.

Mudik biasanya memakan waktu perjalanan yang cukup lama.  Apa lagi buat yang mudik dengan jalur darat dan pakai mobil pribadi atau bus. Wah kalo udah yang namanya macet di jalan, bisa-bisa stuck di tempat. Biasanya kalo udah gitu, pelariannya ya main smartphone. Tapi gimana kalo baterai smartphone-nya cepet habis?

Tips Menghemat Baterai Smartphone Dalam Perjalanan Mudik
Smartphone low battery bisa mood seketika.

Banyak hal yang jadi penyebab baterai smartphone boros. Bisa jadi, cara yang salah dalam penggunaan. Kali ini Clinic Gadget berbagi tips menghemat baterai smartphone dalam perjalanan mudik.

  1. Matikan fitur GPS
    Selalu update dengan share location dalam perjalanan sih boleh-boleh aja, tapi ga harus terus-menerus  juga mode GPS ini diaktifkan. Karena, fitur ini cukup memakan daya baterai dengan terus meng-update lokasimu yang terus bergerak dalam perjalanan.

  2. Kurangi tingkat pencahayaaan pada layar
    Di dalam kendaraan, layar smartphone akan lebih sedikit terpapar cahaya matahari. Jadi tingkat pencahayaan lebih baik diturunkan, karena pencahayaan yang rendah sudah cukup fungsional.

  3. Aktifkan mode airplane
    Dalam posisi yang terus bergerak dalam perjalanan, otomatis sinyal jaringan juga berubah-ubah. Smartphone akan menggunakan daya yang lebih besar untuk menangkap jaringan dalam perpindahan lokasi.

  4. Matikan notifikasi
    Dapet banyak notif update-an dari sosmed, selain mengganggu pemakaian juga bikin boros baterai. Tips untuk menghemat baterai smartphone ini dengan menonaktifkan notifikasi pada aplikasi yang kurang dibutuhkan.

  5. Pakai wallpaper warna hitam
    Tips menghemat baterai smartphone selanjutnya, gunakan wallpaper dengan warna dominan hitam atau gelap. Karena wallpaper dengan banyak warna atau warna-warna cerah, membutuhkan pencahayaan lebih banyak.

  6. Tutup aplikasi yang tidak terpakai
    Terkadang kita lupa untuk menutup aplikasi yang sudah dibuka, dan membiarkannya masih aktif dalam mode siaga di belakang layar. Hal ini memakan sumber daya yang cukup besar, apa lagi jika ada beberapa aplikasi sekaligus yang masih terbuka. Caranya gampang banget untuk menonaktifkannya, buka history aplikasimu lalu tutup aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai.

Baca juga yang ini :
‘Tips Merawat Kamera Mirrorless Biar Aman Dibawa Mudik’

Gimana,  tips menghemat baterai smartphone-nya udah kamu coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bitnami