Sidebeep Tips

Tips Merawat Kamera Mirrorless Biar Aman Dibawa Mudik

Tips Merawat Kamera Mirrorless Biar Aman Dibawa Mudik

Ikuti tips merawat kamera mirrorless ini agar momen mudik bisa terabadikan dengan sempurna

Libur lebaran, identik dengan mudik ke kampung halaman. Mudik tanpa mengabadikan momen menjadi foto, pastinya butuh kamera. Udah rempong dengan segala bawaan, bakalan tambah ribet lagi kalo bawa kamera yang ukurannya cukup besar dan kurang fleksibel. Biar simpel dan mudah dibawa, kamera mirrorless pas banget jadi pilihan.

Jangan sampai begitu lagi prepare packing, terus cek kondisi kamera, eh malahan kenapa-kenapa. Haduh, gagal deh rencana hunting selama liburan. Kalo udah gini, cuma bisa nyesel belakangan. Duh, coba kemarin-kemarin perawatannya bener.

Biar kamu ga nyesel belakangan dengan kondisi kamera mirrorless yang rusak. Jangan lupa rawat kamera mirrorlessmu dengan apik. Nah kali ini salah satu Sider Sidebeep, yaitu Azzahra Service Camera berbagi tips cara merawat kamera mirrorless supaya nanti pas mau mudik atau jalan-jalan, kamera dalam kondisi aman dan siap digunakan.

Tips Merawat Kamera Mirrorless Agar Aman Dibawa Mudik
Simpan kameramu di dry box supaya terjaga kelembapannyaa.
  1. Jauhkan kamera dari kontak langsung dengan air
    Saat lagi motret pas hujan-hujan, lindungi kameramu supaya ga kena hujan. Karena kamera rentan banget kalo kena air, bisa mudah lembap. Udah lembap gitu, beresiko kena jamur. 

  2. Bersihkan kamera mirrorless
    Selain rutin membersihkan lensa, body serta tombol-tombol kamera juga butuh untuk diperhatikan. Bisa aja ada debu di sela-sela tombol, yang kalo udah menumpuk bakal bikin tombol jadi keras untuk ditekan. Coba deh, sediakan alat pembersih khusus untuk kameramu. Kalo udah punya alat pembersihnya sendiri kan, lumayan mengirit biaya pembersihan. Bisa nabung buat beli aksesoris kamera lainnya deh hehe.

    Tips Merawat Kamera Mirrorless Biar Aman Dibawa Mudik
    Perhatikan penggunaan baterai jadi point penting juga dalam Tips Merawat Kamera Mirrorless
  3. Lakukan perawatan baterai kamera
    Jika baterai sudah terisi penuh, langsung hentikan pengisian. Kalo terlalu lama men-charge, baterai bisa overheat dan efeknya baterai jadi kembung. Lalu, jika kamera sedang tidak dipakai, lebih baik lepaskan baterai dan memory card-nya. Gunanya untuk menghindari terjadinya konsleting. Selain itu, simpan baterai kamera pada suhu 15-25 Celcius. Hindari penyimpanan pada suhu yang terlalu panas maupun dingin.

  4. Simpan kamera dalam dry box
    Komponen kamera sangat rentan terhadap kelembapan, karena itu saat penyimpanan harus dalam suhu yang sesuai. Tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Usahakan kamu punya dry box sendiri untuk menyimpan kamera dan komponen lainnya. Dengan dry box, kita dapat mengatur tingkat kelembapannya. Atau jika tidak ada dry box, kamu bisa menyiasatinya menggunakan silica gel. Dengan meletakkannya di dalam tas penyimpanan kamera.

  5. Jangan biarkan kamera menganggur terlalu lama
    Lama tidak digunakan, akan membuat mesin dan tombol-tombol pada kamera menjadi kaku dan macet. Oleh karena itu, biasakanlah untuk menggunakan kamera, minimal seminggu sekali. Luangkan waktumu untuk memotret hal-hal menarik di sekitar.

Baca juga yang ini :

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Mencuci Sneakers’

Jika kamu ingin lebih memastikan kondisi kamera mirrorless milikmu, bawalah ke tempat agen resmi atau tempat servis kamera mirrorless yang terpercaya. Jangan sampai kehilangan momen cuma karena kamera mirrorless-mu rusak, ayo rawat dengan benar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bitnami