Sidebeep Tips

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Mencuci Sneakers By Sneaklin

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Mencuci Sneakers By Sneaklin

Hobi mengoleksi sneakers, tapi suka mager alias malas gerak untuk rutin mencucinya? Kamu mesti tahu alasan kenapa harus rutin mencuci sneakers, supaya sepatu kamu bisa lebih awet nantinya. Ga mau kan sepatu kesayanganmu cepat rusak karena jarang dicuci?

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Mencuci Sneakers
Merawat sneakers dengan rutin mencucinya.

Nah, Sneaklin Pasar Santa yang juga salah satu Sider (penyedia jasa di Sidebeep), mau kasih info penting buat kamu para sneakerhead tentang  5 alasan kenapa kamu harus rutin mencuci sneakers. Informasi penting ini tentu didapat berdasarkan pengalaman Sneaklin Pasar Santa menjadi salah satu pionir jasa laundry sepatu di Indonesia. Penasaran, apa aja alasannya? Check this out!!

  1. Menjadikan sneakers lebih good looking.
    Namanya juga sepatu kesayangan, pasti pengennya sering dipakai jalan. Saking seringnya dipakai, suka ga sadar kalo penampilannya bakal jadi ga good looking lagi. Nah, biar sepatumu tetap good looking, rutin-rutinlah mencucinya. Jalan tetap gaya, dengan tampilan yang lebih good looking dari sebelumnya.

  2. Merawat bahan sneakers.
    Apapun bahan sepatunya, pastinya tetap butuh perhatian khusus untuk merawatnya. Seperti dipaparkan oleh Ahmad Rizaldi dari Sneaklin Pasar Santa. “Sneakers yang jarang dicuci, bisa bikin bahan sepatu kering bahkan mengeras karena menumpuknya kotoran. Misalnya sepatu yang berbahan kulit, kalo rutin dicuci bahannya akan terjaga supaya tetap lentur, ga kering, dan kaku”.

  3. Menjaga warna sneakers tetap on.
    Selain perkara brand, model, urusan corak warna sneakers juga gak kalah penting! Sneakers yang jarang dicuci, bisa membuat warnanya turun atau ga se-on sebelumnya. Dari yang awalnya hitam, jadi abu-abu. Waduh bisa dikira luntur nih! Makanya, mulai deh rutin-rutin mencuci sepatu. Untuk menjaga warna sepatumu agar tetap on. 

  4. Agar sneakers terhindar dari jamur.
    Kamu tahu bagaimana nasib sepatumu jika terkena jamur? Wah, bisa-bisa kondisinya ga tertolong lagi. Hal seperti ini biasanya disebabkan oleh bagaimana caramu menyimpan sepatu. Misalkan tempat penyimpanannya terlalu lembab. Bisa dipastikan, jamur akan mudah timbul di sana. Karena itu, dengan rutin mencucinya akan menghindarkan sepatumu dari bertumpuknya jamur.
  5. Agar sneakers terhindar dari oksidasi.
    Pernah lihat sol sepatu yang awalnya berwarna putih berubah jadi kuning? Nah, hal ini terjadi karena oksidasi atau biasa disebut juga yellowing. Bagian yang rentan terhadap oksidasi yaitu pada outsole dan midsole. Penyebabnya hampir sama dengan poin keempat.

Baca juga yang ini : 

‘Ini 7 Alasan Laba-Laba Punya Tagline ‘Reparasi Segala’

Oh iya. Meski rutin cuci sepatu bermanfaat, tapi jangan terlalu sering mencucinya juga ya. Sesuaikan rentang waktu pencuciannya dengan seberapa sering pemakaian. Jika setiap hari dipakai, usahakan untuk mencuci sepatumu minimal seminggu sekali. Lalu kalau jarang dipakai, minimal sebulan sekali kamu mencucinya. Ingat quote ini ya sneakerhead” Life is too dirty to wear dirty sneakers.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bitnami